Kamis, 03 Januari 2013

Welcome 2013! Good Bye Autumm Anime~

Happy New Year!!!
Ternyata dunia maya ga jadi kiamat sodara sodara!!
Oleh karena itu demi menyongsong tahun yang baru ini mari kita kembali mengucapkan selamat tinggal kepada anime musim gugur yang sudah menghibur kita selama ini.

Satu season telah berlalu dan tentunya meninggalkan kesan di hati kita. Bagi saya pribadi, season ini sangat berkesan karena cukup banyak dark horse anime ( bukan, bukan anime tentang kuda hitam maksud saya ) yang powerfull. Satu lagi yang saya cermati adalah banyak anime yang tokoh pembantunya lebih menonjol daripada tokoh utamanya. Potensi anime2 ini tidak selalu terlihat langsung dari episode satu. Terbukti bahwa aturan 3 episode awal ternyata sangatlah penting.

Mengawali tahun baru ini ( sebenarnya di akhir tahun lalu sih ), banyak sekali blog yang memposting tentang anime award. Tentu saja saya bukan siapa-siapa hingga berhak mengadakan anime award, tapi setidaknya saya boleh meranking anime yang favorit bagi saya. Siapa tahu bisa mengubah penilaian pembaca terhadap beberapa anime dan saya harap membuat anda sekalian berkenan untuk mencoba menontonnya.

 
I put this picture for no reason.
But I am sure you know about her.
Maybe I will write an article about her some other time

Dropped list

1. Shin sekai yori
 Sepertinya saya mengambil keputusan yang tepat...

Anime yang tidak saya duga bakal saya dropped. Padahal suasana suspense dan misteri di anime ini membikin penasaran.
Jika anda mengira saya ngedropped gara2 episode Shin Sekai Yaoi/Yuri maka anda salah. Yang bikin saya ngedropped tanpa pikir panjang adalah saat melihat  episode 5. Sudden animation change, bad pacing and bad direction yang sebegitu parahnya. Semua terangkum dalam satu episode. Hal itu sungguh tak termaafkan bagi saya.

2. Hayate no Gotoku season 3

Sejak awal  melihat episode pertamanya, saya lebih merasa Hayate season ini bakal menjadi drama dan bukan komedi. Padahal saya menonton Hayate untuk komedi. Saat menonton episode kedua saya baru menyadari kesalahan paling fatal di anime ini. Tidak ada KOTOKO dan tidak ada Norio Wakamoto. Ini sudah bukan Hayate no Gotoku lagi. So Dropped!
 
lagipula sapa yang betah nonton klo Hinagikunya kena Hydrocephalus kaya gini?

3. Oniichan dakedo ai sae areba ii yo ne?
Sejujurnya saat menonton episode pertamanya sampai ke menit 15, saya sudah berencana untuk mengambil anime ini. Karakter imoutonya yang brocon tanpa malu2 berbeda dengan karakter imouto tsundere di  anime Oniichan no koto nanka zenzen suki dewanai.  Saya tidak keberatan untuk menonton interaksi antara Oniichan Imouto yang satu ini. 
Lalu di akhir episode diperkenalkan 3 karakter cewek lainnya. Seketika itu juga firasat harem comedy langsung muncul di kepala saya. Sayang sekali. DROPPED!!

Guilty Pleasure

1 Chousoku Henke Gyrozetter

Gyrozetter menggambarkan dunia masa depan dimana anak2 punya SIM A buat nyetir mobil
dan bukan hanya membuat mereka bisa jadi pembalap ala Initial D tetapi memakai mobil tersebut yg ternyata bisa henshin jadi robot sehingga bisa dipakai bertarung! anime ini bakal membawa pengaruh buruk buat anak2 di Jepang.
Pada awalnya saya nonton anime ini cuma iseng tapi pada akhirnya saya keterusan cuma demi menertawakan keklise-an ceritanya. Karena ini anime anak2 jangan berharap pada ceritanya. Nikmati saya akting ganda Marina Inoue sebagai ibu dan anak. Atau anda mungkin bisa menikmati desain charanya yg diluar dugaan penuh fanservice ( FYI, gyrozetter adalah anime season ini dengan jumlah fanart R18 terbanyak )
Atau mungkin anda juga bakalan terhibur dengan ED joged CG ala precure
 saya berani taruhan para animatornya pasti lagi sibuk ngeganja pas ngerjain animasinya sehingga salah pasang CG chara cewe dan yg muncul malah jogedan para robot!

Well, terkadang yang namanya anime itu bisa dinikmati tanpa perlu berpikir.

2.Code Breaker
 [K] Harus belajar menggunakan warna biru ke anime ini.

Seharusnya shounen anime saya season ini cuma Magi, tetapi melihat OP dari GranRodeo saya jadi tertarik untuk mendonload dan akhirnya malah mengikuti anime ini tanpa mempertanyakan kegeneric-an nya walau saya akui yang namanya api biru itu indah.

 Sekarang mari kita masuk ke Ranking anime this season!

Peringkat 19: MuvLuv Total Eclipse

 kenapa mereka tidak terus menampilkan yg semacam ini?

2 Episode awal MuvLuv TE mungkin adalah alasan utama saya menonton anime ini. Dan pada akhirnya tidak ada episode yang bisa mengulangi keEPICan 2 episode tersebut. Bisa disimpulkan bahwa TE terlalu melenceng dari MuvLuv original. Dan saya kecewa.

+ Interaksi Yuuya dan Yui sangat menarik. Pada awalnya..
- Kualitas animasinya memprihatinkan. MuvLuv yang seharusnya menceritakan kisah perjuangan melawan BETA dengan nuansa endless despair malah menjadi kisah harem comedy.

Peringkat 18 : The Uncomplete iPhone [K]
 mungkin K itu sebenarnya anime misteri
sampai tamatpun ga jelas mo nyeritain apa

K adalah salah satu anime yang saya menyesal telah menontonnya sampai akhir. Sebenarnya dilihat dari konsepnya, K sepertinya direncanakan sebagai kisah jangka panjang. Konsep yang dimilikinya brilian sayang eksekusinya tolol. Saya curiga sutradaranya adalah amatiran. Bagaimana tidak? Pace yang lamban, cerita yg bagai jalan di tempat, penggunaan BGM yg asal diputar, penggunaan warna biru yg terlampau banyak dan yang paling parah adalah blatanly fanservice! tidak perlu jadi fujoshi untuk menangkap innuendo di serial ini. Bahkan bisa dibilang K menghalangi kreatifitas fujoshi buat bermousou ria.
Dari segi penokohan jujur saja, Shiro tidak meninggalkan impresi yg kuat sebagai tokoh utama. Atau mungkin saja itu cuma perasaan saya yang lebih fokus ke Neko, yg menjadi alasan utama saya buat tetep nonton anime ini.
 sekarang saya tahu apa yg dimaksud "the cat is fine too"

+ Neko and Anna, what else?
-  Cerita yang seharusnya bisa selesai dalam 5 episode dipanjang2in menjadi 12 episode.

Peringkat 17 : Sword Art Online

Tolong beritahu saya: apa sih yang bagus dari anime ini? 
 Konsep? Oke, lumayan. Walaupun sebenarnya sudah pernah ada anime dengan konsep game online macam ini. Cerita? 7 episode pertama merupakan salah satu chaos di season ini, hampir mirip [K]. Action? Dengan konsep semacam itu seharusnya banyak adegan bertempur di anime ini, sayangnya hal itu tidak terjadi. Harus diakui beberapa battle memang keren, SAYANGNYA battle itu tidak disajikan di saat2 klimaks cerita. Karakterisasi? Kirito is the best..... cheater in the world. Dan masih banyak lagi yg bisa dicacad dari anime ini. Jika ada hal yg membuat saya menempatkan SAO di atas [K], itu karena faktor romance dan BGM2 yang dipakai.
 Setidaknya dari menonton SAO saya sadar bahwa Takehito Koyasu adalah seiyuu level dewa

+ Setidaknya untuk tokoh utama harem, Kirito tidak annoying ( tentu saja, karena dia adalah Gary Stu )
- Worst fanbase in 2012.

Peringkat 16 : Zetsuen no Tempest

Konsep cerita dan formasi tokoh utama yang fresh plus battle yang keren adalah daya tarik utama Zetsuen no Tempest di 3 episode awal. Begitu memasuki eps 4, ketertarikan saya mulai menurun. Untungnya menjelang klimaks, anime ini terselamatkan berkat seorang karakter antagonis yang lumayan malang nasibnya. Walaupun begitu tetap saja, bagi saya ZnT tidaklah semenarik episode2 awalnya.

udah ganti aja judul anime ini jadi:
MARI MENG-IJIME SAMON!
 A-APPAAAAA!?
JO-JODAN JANAII!!!

+ Kedua tokoh utama tidak seYOAI yang anda kira
- Kemana hilangnya battle yg seru diawal2 cerita!?!

Peringkat 15 : BTOOOOM!!

Mungkin yang paling saya sayangkan dari isi nangka ini adalah penggunaan seiyuunya. Kanata Hongo sudah menjalankan perannya dengan baik tapi tidak dengan seiyuu Himiko yang masih harus belajar banyak. Action di BTOOM sebenarnya bagus, tetapi tidak terlalu menonjol jika dibandingkan anime lain. Madhouse cukup bijaksana untuk tidak membikin ending original sehingga kita bisa berharap akan ada season 2nya.
MADHOUSE and their Boobs logic

+ Better than expectation
- They have killed Taira-san the REAL main heroine

Peringkat 14 : Magi

 
"Kenapa neng? lagi sakit gigi ya?"

Saya sudah cukup senang melihat salah satu manga fave saya diadaptasikan. Dan kebanyakan prediksi saya mengenai anime ini tepat. Sudah merupakan konsekuensi anime jangka panjang jika kualitas animasinya tidak stabil. Karena faktor itulah rangking Magi tidak bisa naik lebih tinggi lagi.
+ DAT OP
- DAT ED 

Peringkat 13 : Tonari no Kaibutsu-kun
 Ganti aja tokoh utamanya jadi mereka

Anime ini sangat menghibur jika dilihat dari segi komedinya. Karakterisasinya menarik, terutama Haru dan Natsume. Tapi dari segi kisah percintaannya justru bikin saya jengkel sendiri. Shizuku tidak ada dere2nya sama sekali. Mungkin lebih baik jika Haru cari cewe lain. Singkat kata, pairing Haru x Shizuku doesnt work for me. Mending penulis lebih fokus ke pairing lain seperti Natsume x Sasayan atau Natsume x Micchan-san
Bicara soal Natsume, mungkin karakter ini adalah faktor utama kenapa saya bisa betah nonton Tonari no Kaibutsu-kun. Fakta uniknya adalah seiyuu Natsume, Atsumi Tanezaki adalah seiyuu debutan yang sukses menjalankan perannya dalam menghidupkan karakter Natsume.
+ Interaksi antar karakter sangat menarik
- Shizuku


Peringkat 12 : Busou Shinki

 atau bisa juga menggunakan judul alternatif: Mencari Mr Hamster

Seperti dugaan saya sebelumnya, berbeda dengan OVAnya, ini adalah anime slice of life. Dari segi kualitas bisa dibilang Busou Shinki adalah anime low budget dengan animasi pas2an dan CG yg bisa mengirim Fertygo masuk ke Rumah Sakit lagi. Walaupun begitu kenapa anime ini bisa nongkrong di peringkat 12? Jawabannya sederhana. Karena ini adalah anime simpel yang bisa ditonton dalam tenang dan damai tanpa perlu berpikir. Berbeda dengan tipikal tontonan saya selama ini. 

+ Hamster
-  Master

Peringkat 11 : Jormungand Perfect Order
 Pembunuhan modus perampokan. Siapa yang bakal percaya? Oh wait! our police will

Cukup jarang anime action yang memberikan sentuhan real semacam Black Lagoon. Jormungand adalah salah satu dari sedikit anime itu. Tapi bagi saya daya tarik utama Jormungand adalah karakter2nya, terutama Hekmatyar bersaudara. Anime ini juga memberikan ending yang cukup realistis dan bagi saya bisa diterima.
Btw, Jormungand mungkin adalah anime yang paling banyak menggunakan referensi tentang Indonesia.
 Sejak kapan Ind*maret jadi sebesar ini?

+ Pertempuran menggunakan senjata2 modern
- Endingnya mungkin tidak memuaskan bagi sebagian orang.

Peringkat 10 : Suki tte ii na yo

Jika Tonari dan Kamihajime adalah anime romance comedy, maka Sukitte ii na yo adalah anime pure romance. Berbeda dengan Kimi ni todoke, penggambaran setting dan interaksi antar karakter di anime ini jauh dari kesan innocent, terutama untuk karakter di luar pairing utama.  Tapi justru hal itu yg membuat anime ini terkesan real. Sayangnya tidak dengan tokoh utama laki2nya yg sampai akhir terlihat perfect bagai cowo idaman setiap wanita, membuatnya kurang realistis jika dibandingkan dengan Neymar sang rival utama . Beruntunglah tokoh utama perempuannya memiliki perkembangan karakter yang signifikan.
sayang tidak ada cukup cinta untuk Neymar

+ Perkembangan karakter Mei terlihat jelas.
- Fokus ke karakter lain kurang

Peringkat 9 : Little Buster

Banyak sekali yang mencerca anime ini. Mungkin karena faktor Jancuk Staff. Tapi bagi saya yang tidak membaca VN originalnya, Little Buster terasa menarik, apalagi semenjak kemunculan Kudd. Mungkin desain chara yg jauh lebih moe daripada desain originalnya lah yg bisa membuat saya berpikir demikian. Nampaknya lama kelamaan saya menjadi lolicon. Wafuu~ 
HHHHHNNNGGGGGGGGGHHHHHHHHH!!!!

+ Kuuuuuuuuuuud~
- Mungkin tidak bakal ada slot tayang untuk menyelesaikan semua rute. Kecuali......

Peringkat 8 : Sakurasou no pet na kanojo

Anda seorang remaja lelaki biasa yang tinggal di Asrama penuh dengan anak2 bermasalah namun jenius. Kewajiban anda adalah mengurus seorang gadis autis nan jenius yang tidak bisa mengurus dirinya sendiri.
Jadi anda harus menggantikan pakaiannya, mencuci celana dalamnya, memberinya makan, seolah2 dia adalah peliharaan anda.
 NANTE EROGE NO SETTEI!!!
Yang pastinya bakalan berujung ke cerita murahan. Tetapi nyatanya tidaklah demikian! Banyak sekali potensi drama di anime ini. Orang2 tidak bohong saat menyamakan Sakurasou dengan Toradora. Sang karakter utama, Sorata adalah karakter yang memenangkan simpati saya di season ini. Hidup dikelilingi jenius itu berat. Orang boleh bilang 1% bakat 99% kerja keras, tetapi kerja keras pun tetap tidak akan membuat anda menjadi 100%. Saya sendiri pernah merasakan bagaimana usaha dan harapan itu tidak ada apa2nya di hadapan bakat.
Selain pairing utama Sorata x Masshiro, pairing Jin x Misaki juga menarik untuk diikuti.

+ good drama
- premise yg menjebak

Peringkat 7 : Ixion Saga DT

Lirik lagu pembukanya ( terjemahan Indonesia )
 DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! DT!! 
kan kulepas keperjakaanku!
bantulah aku melepas keperjakaan ini
aku ingin menjadi lelaki dewasa ( mau kubantu? )
hartaku yang sangat menyedihkan ini
ingin kupersembahkan padamu
sejak bertemu kita saling tertarik
sampai terbawa mimpi
hingga membuat tubuhku membara
ajari aku mendinginkan panas ini
kenapa? semakin aku mengenalmu
ituku menjadi tegang
bantulah aku melepas keperjakaan ini
kan kuucapkan selamat tinggal pada tangan kanan ini ( see ya! )
mari melakukannya berdua
dirimu tak akan kulepaskan ( malam ini takkan kubiarkan kau tidur )
kita tidak akan berpisah

Salah satu kuda hitam season ini!  dan salah satu lagu OP paling brilian plus bikin facepalm season ini!
Kualitas animasi mungkin agak kurang ( walaupun urusan battle animation sudah cukup mumpuni ) tapi soal komedi, anda bisa berharap banyak karena anime ini digarap oleh staffnya Gintama. Walau dari plot terkesan serius, tetapi tidak dengan karakter2 di dalamnya.

Kon adalah protagonist terparah dan paling bikin facepalm di tahun 2012 ( bukan dalam artian jelek ) dan ED bisa bersaing dengan Samon untuk posisi antagonist paling malang season ini.
Jangan lupakan akting Jun Fukuyama disini. Jika anda sebagai pria, sudah terbiasa mendengarkan suara Mariandel, berarti sudah saatnya anda pergi ke psikiater.

+ Castnya kebanyakan adalah top seiyuu 
- Humor Hit&Miss. Baru dijamin ngakak saat ED muncul

Peringkat 6 : Kamisama Hajimemashita

"KURAYAMI NI HIKARU~ NISEMONO WINGGU~"

Salah satu contoh agar jangan menjudge anime cuma dari episode 1 nya. Episode pertama Kamihajime bagi saya adalah first impression paling FAIL di season ini. Lebih parah dari [K] yg walau gajes masih bisa dimaklumi dengan alasan genrenya. Pace dan penggunaan BGM di Kamihajime episode 1 sangatlah buruk dan membuat saya berniat mendrop anime ini.
Lalu kebetulan saya melihat episode 2. AND IT WAS GOOD!! anime ini terselamatkan berkat komedi yang disajikan oleh tokoh ini.

Tidak jelas apakah dia siluman Tengu atau siluman burung onta.

Dan hal ini tidak disia2kan! Kurama dan BGMnya muncul hampir ditiap episode dan memberi jaminan tawa. Tentu saja itu bukan berarti no Kurama no fun. Banyak sekali momen mengundang tawa di Kamisama Hajimemashita.
Walau anime ini sebenarnya ditujukan untuk cewe dan berpotensi sebagai Fujoshi Bait, cukup banyak karakter cewe yang kawaii di serial ini.

+ The Power of Narrator, and the power of DATEN!
- Karakter dan cerita sangat klise. Khas shoujo manga.

Peringkat 5 : Robotic;Notes
 mungkin ini yang disebut "kimoe"

Bagi yang mengharapkan adegan action, anda tidak akan mendapatkannya di anime ini. Bagi yang tidak sabaran, mungkin anda sudah drop anime ini dari dulu. Sama seperti Steins; Gate, Robotic;Notes mungkin lebih terlihat seperti drama slice of life pada awalnya. Bahkan jika dibandingkan S;G, unsur suspense di R;N mungkin kurang terasa. Tapi jika anda cukup bersabar, THE SHIT IS GETTING REAL SOON. Saya percaya itu.

+ Frau Kojiro, Daru versi cewe dan Aki-chan, main heroine type genki girl yang tidak terlalu annoying karena...
- Kai sang tokoh utama jauh lebih annoying! Dibandingkan tokoh utama Semicolon anime 2 seri sebelumnya ( Takumi dan Okabe ) terasa kurang mencolok.

Peringkat 4 : PSYCHOPASS
Gen Urobucchi atau dikenal juga dengan Urobutcher, seorang Storywriter yang membenci Happy Ending, menyukai tragedi, gore, blood, bad ending dkk. Tidak heran jika semua yang nonton anime ini sudah bersiap2 mental jika ada chara yg mati, plottwist yg bikin mindbreak or else. Tapi sampai episode 10 tidak ada yg terjadi kecuali beberapa guro scene yg jujur saja jauh di bawah standar saya. Saya sampai sempat berpikir jangan2 kejutan Urobuchi kali ini adalah tidak ada kejutan sama sekali.
Tapi sepertinya memang itulah taktik Butchgen: menyerang di saat kita lengah. Sama seperti Madoka dimana episode 3 nya  mengejutkan kita semua. Di saat saya sudah bernapas lega dan mengira kasus kali inipun berakhir dengan selamat sewajarnya.....
 TIME TO WAKE UP GUYS~

Rollcoaster sudah ada di puncak tertinggi dan siap untuk melaju turun dengan kencang. Brace Yourself

+ No Moe They Said....
- Sebenernya tema dan premisnya tidak terlalu original

Peringkat 3 :Jojo Bizarre Adventure

Jaman memang sudah berubah.
Bishonen berbaju hitam dengan skill dualsword dan hoby ngecheat dibilang keren.
Sedangkan pria berotot yang manly dan gentleman dibilang GAY.
Jojo adalah masterpiece klasik. Sejaman dengan The Fist of North Star dan Dragonball.
Jojo adalah bapak dari segala kelebayan dan keFABULOUSan yang sekarang ini anda saksikan dalam anime. Hampir tidak ada anime comedy/parody yang tidak mengambil referensi dari Jojo. Mungkin terlalu banyak kalimat2 legendaris dari anime ini yang diquote di anime lain sampai2 kita sendiri tidak sadar. Jojo mempelopori penggunaan jurus2 berbahasa engrish di shounen battle anime, juga penggunaan stand yg otaku cupu bakalan bilang bahwa itu plagiat Persona 3 dan 4 ( saya yakin pasti ntar ada yg bakal bilang ini )
Bagi orang jepang, menonton Jojo adalah sebagai nostalgia dan menyaksikan dream comes true. Sebuah adaptasi yang ditunggu selama 25 tahun.

Saya yakin, bukan pertama kalinya anda melihat pose2 semacam ini

Dan terakhir yang terpenting: Jojo adalah segala yang MANLY yang bisa anda dapatkan dari sebuah anime.
Bagi saya, menonton Jojo adalah keharusan. Bagaikan menjawab sebuah kepingan misteri yang saya pertanyakan selama 9 tahun menonton anime dan menyelami referensi di dalamnya.
Bukan maksud saya sok elit. Tetapi jika anda seorang laki laki dan suka anime, menonton Jojo Bizarre Adventure adalah suatu kewajiban.
Sayang sekali jika anda tidak mengenal Sang Jawara Komentator sepanjang masa ini

+ EVERYTHING IS SO FABULOUS
- Story dan plot bisa dibilang ketinggalan jaman. Wajar mengingat materi originalnya dibuat 25 tahun lalu.

Peringkat 2 : Chuunibyou demo koi ga shitai

man...
saya sudah 24 tahun. Sudah bukan jamannya lagi saya nonton anime moe moe kyuun semacam in----
AMBIL!!!

Itulah yang saya katakan 3 bulan yang lalu.
Kyoani. Sang raja anime moe dan kali ini Kyoani mengulang kesuksesan K-ON!! season 1. Saya bukannya membenci anime moe tapi kebanyakan moe bisa menyebabkan perhatian anda terpusat ke desain chara dan tingkah laku yang unyu tanpa memperdulikan soal cerita dan plot.
Tapi pada akhirnya daya tarik Chuunibyou terlalu besar untuk ditolak.
Selain karena kadar cutenessnya, mungkin karena sama seperti Sakurasou, tema Chuunibyou yang diangkat mengingatkan pada diri saya sendiri yang mungkin masih chuuni. Walau saya sudah berhenti berdandan ala chuuni ( yg klo saya ingat2 penampilan saya malah mirip sama Yuusha Yoshihiko :p ) tapi memasang pose2 aneh ala Kamen Rider masih sering saya lakukan.
Saya tidak akan memberikan end thought yg DEEP seperti yg dilakukan Neohybrid_kai. Dan sepertinya percuma juga saya merekomendasikan anime ini.
Karena bagi mayoritas orang, Chuunibyou adalah Anime of the season.

+  Moe level ENDLESS NINE diimbangi High Quality Animation.
- Konflik di akhir cerita mungkin bagi sebagian orang terasa sebagai forced drama. Bagi saya pribadi, yang kurang memuaskan di anime ini adalah epilognya yang kurang konklusif terutama untuk karakter selain Yuuta dan Rikka.

Tapi jika menurut anda Chuunibyou adalah anime paling populer di Jepang anda salah. Semua itu karena....

Peringkat satu : Girls und Panzer 
 
Dark Horse this season, also best anime this season!!
Ya. Garupan. Sepanjang musim ini Garupan adalah anime yang paling banyak dibicarakan di 2ch. Pemesanan BD Anime Autumm juga didominasi oleh anime ini dan baru akhir2 ini Chuunibyou berhasil menyalip dan memaksa Garupan turut ke peringkat kedua.
Sebenarnya apa yang membuat anime ini menarik? Mari kita sedikit menganalisis.
Formula penggabungan "girls and military related things" sudah cukup sering dilakukan sejak beberapa season yang lalu. Dan bagi saya sendiri sangat menarik dan brilian. Beberapa contohnya:
1. Girls + WWII airplane ( + pantsu ) = Strike Witches. Anime yang terkenal namun tidak saya tonton karena fanservice pantsunya yg bagi saya terasa mekso.
2. Girls + Riffle = Upotte!!. Sebuah anime season lalu yang bagi saya sangat menarik dan menambah ilmu pengetahuan, tetapi juga penuh dengan fanservice menjadikannya potensi yang tersia-siakan.

Dari 2 anime ini yang saya dapatkan adalah  girls+military = moe + fanservice.

Moe dan fanservice. Dua kata yang jika digabung maka bagi saya adalah sebuah konotasi negatif. Syukurlah 2 hal itu tidak terdapat pada Garupan. Memang sedari awal Garupan cukup berbeda dengan 2 anime di atas. Garupan bukanlah cerita tentang personifikasi tanks tetapi cerita tentang gadis yang mengendarai tank. Memang tidak realistis tapi sudah jauh berbeda dengan konsep 2 anime di atas. Selain itu Garupan tidak menampilkan gadis sebagai obyek yang moe karena daya tarik utama anime ini adalah tank. Ya!! Tank itu MOE! StuG III itu sexy!!
Jadi jika anda mencari fanservice dari para heroinenya, maaf karena anda bakalan kesulitan untuk menemukan satu panchirapun di serial ini. Fanservice utama di serial ini adalah aksi pertarungan tank dan itu bukan seperti kebanyakan anime yg kebanyakan bacot tapi pertarungannya selesai dalam 2 kali tebas. Per battle di Garupan  memakan satu episode sendiri.
Jika anda mencari action dan battle scene yang mantab, anime ini cocok untuk anda.

Kesimpulannya, Girls + Tanks = EPIC WIN 

Cukup disayangkan gaung Garupan di Indonesia kurang terdengar. Tapi jika anda ingin melihat anime yang seru dan menegangkan, cobalah tonton anime. Tidak lupa saya rekomendasikan untuk memakai headphone atau pasang speaker saat menontonnya.

+ Hebat dalam penggunaan CG, battle scene super seru, BGM dan SFX yang bikin eargasm.
- Jumlah karakter terlalu banyak dan kurang mencolok. 2 kali episode recap membuat anime 12 episode ini cuma tayang 10 episode saja.


Well
sekian dari saya
Dalam waktu dekat mungkin kita akan bertemu lagi dalam preview anime winter
Salam WJK!!

3 komentar:

  1. Gambar gif diatas sukses mempengaruhi saya untuk menonton Gyrozetter.

    Jujur saya nggak begitu banyak ngikutin anime musim lalu, tapi setidaknya berkat post anda saya tahu apa yang bakal saya masukkan ke daftar tonton saya buat liburan semester.

    BalasHapus
  2. that fate/psycho madoka picture made my day (y)
    a very long post indeed, niat bikinnya :v
    kalo di versi saya tempest udah jadi winnernya (sangat ikemasen,ojousama-ish)

    BalasHapus
  3. Harold and Kumar10 Januari 2013 07.28

    Wkwkwkwkw....
    Salutsenpai sama postingannya!!!
    Meski banyak yang kontroversial dan bikin panas...
    Tapi sippp dah!!!


    1. SSYori padahal udah keren, gara2 yuri jadi eneg gw
    2. Oniichan dakedo buat hiburan doank nontonnya, meski bikin nguap sesekali
    3. SAO......Jauh banget sama accel world, dimana malah karakter kiritonya jadi terlihat agak lebay.....meski gw akui tontonan wajib sih....tapi yang parah anak2 alay forum tetangga kok pada ikutan nonton (ma ngefan ini anime) ya???
    4. Chuniibyou endingnya mengecewakan, forced!!!
    5. Psycho pass, sutereeeessss!!!! Ngebacok pas lagi lengah!!! Bener, gila ni anime, tapi charanya mirip kaya speed grapher,,,
    6. R;N, Sakurasou, MAGI, ama TnK masih ngendap di hardisk....GuP aja belum kelar ditonton gara-gara sibuk download Winter Anime Session...

    Gara2 reviewnya jadi tertarik nonton JOJO, meski sebelumnya basically gw emang fans muscular shonen anime like Dragon Ball, Hokuto no Ken, HSD Kenichi, dll

    BalasHapus