Sabtu, 12 Januari 2013

2013 Winter Anime Glimpse

Winter Anime di tahun 2013 ini sudah memasuki pekan kedua. Anime Winter sudah tayang semua. Mumpung saya masih ada gairah ngeblog dan daripada waktu luang cuma terpakai buat tidur, jadi alangkah baiknya saya update blog ini dengan kesan saya terhadap anime2 yang sudah tayang episode perdananya.
 Tentu saja review ini berdasar selera pribadi saya, jikalau anda tidak setuju mungkin anda bisa memilih2 sendiri anime yang hendak ditonton dengan melihat chart yang ada di postingan sebelum ini.

* Jika anda tidak paham dengan judul2 nyeleneh yang saya pakai di postingan ini, anda bisa melihat berdasarkan judul asli di chart di postingan sebelumnya.

1. Mangirls

 
We dont need Yamakan to save animu, we need PANCHIRA!

Agak berbeda dengan Bakuman, anime ini lebih berfokus pada editor ketimbang komikus. Mungkin anime ini lebih cocok dengan durasi 5-8 menitan, karena sama seperti Tekkyuu terasa sekali ngebutnya.

Status: Lets see next episode....

2. Yama no susume

 
Animasi bagus, heartwarming dan yang terpenting menambanh pengetahuan tentang mendaki gunung.
Sungguh sangat disayangkan anime ini cuma 3 menitan. Seharusnya durasi anime ini ditukar dengan Gaje-bu
 
Status: Ambil

3. Klub Gajes
  
Sebagai anime komedi slice of life GJbu cukup kocak. Akting Uchida Maaya disini sangat bagus, setidaknya dengan ini terbukti bahwa dia bukan cuma seiyuu modal tampang. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, karena anime ini berdasarkan LN 4koma, maka format ceritanya pun pendek2 dan sebenarnya bisa berdiri sendiri. Seharusnya durasi anime ini ditukar dengan Yama no susume.

Apakah ini berarti orang Jepang tidak kenal anak mas dan mi kremez? Kalau begitu kasihan sekali...
 
Status: Dropped

4. Yuusha Yoshihiko to Kyonyuu no Maou

Sepertinya tidak perlu dibahas. Saya sudah pasti ambil anime ini. Walaupun mirip dengan Spice and Wolf, tetapi bukan berarti anime ini tidak perlu ditonton jika anda sudah menonton Spice and Wolf. Berbeda dengan Horo, Maou hanya perlu 2 episode untuk go full dere dere mode

  
 Jangan lupa sediakan stok tembok yang banyak. 
Anda akan memerlukannya buat jedotin kepala

Status: Ambil

5. Minami ke Tadaima

   
Good ways to start a new season

Akhirnya, sebuah adaptasi Minami-ke yang memuaskan dan pantas disebut sebagai sekuel Minami-ke ( btw saya baru tahu ternyata bukan hanya season 3 tetapi season 2 nya pun ternyata tidak diakui fans ) Yang perlu diperbanyak adalah penampilan Hosaka-senpai

Status: Ambil

6. Senran Kagura

 Saya tahu anda membayangkan yang bukan-bukan
 Dan saya juga tahu anda membayan--err sebaiknya kita skip pembicaraan ini

Sebelumnya saya kira akan ada banyak sensor di anime ini. Tetapi mungkin sensor kabut beracun dan cahaya surgawi tidak bakal banyak keluar karena fanservice di anime ini adalah BAKPAO berayun dan BALON getar. Action episode pertama melebihi ekspektasi. Tetapi yg semacam ini sudah umum dikeluarkan di episode perdana. Kita doakan saja semoga tim animasi tidak kekurangan dana.  Satu lagi nilai plus: Lagu OPnya bagus, tipikal lagu penuh semangat seperti di Ikkitousen series.

Status: Ambil

7. Ore no Kanojo to Osananajimi ga shuraba sugiru

 PANDUAN UNTUK MEREKA YANG DIKHIANATI CINTA INGIN KONSENTRASI BELAJAR
1. hidupku adalah untuk belajar! *sambil mengepalkan tangan
2. pacaran itu tidak ada gunanya!! *sambil berlinang air mata
3. aku tidak butuh cinta!! *sambil berteriak dalam hati RIAJUU BAKUHATSU SHIRO!!!
Tetapi lalu aku bertemu dengannya...
   
.......
 .........
CHERIO!!! 

Setelah Chuunibyou demo Koi ga shitai, ternyata tidak butuh waktu lama untuk menemukan penggantinya yang ternyata lumayan Chuuni juga. Bedanya dengan Chuunibyou, protagonist anime ini lebih mirip dengan Mori Summer ketimbang DFM. Episode pembuka sebenarnya biasa saja tetapi saya penasaran dengan perkembangan cerita setelah ini. Btw mungkin anda perlu memakai kacamata hitam saat menonton anime ini karena pemilihan warna yg dipakai terlalu terang.
 
Mendadak JOJO. Anda akan sering menemukan pose macam ini di anime ini

Status: Ambil

8. Lovelive!

Mungkin anime ini adalah anime musikal yang pertama di Jepang

Sebagai episode pertama, Love Live sangat menjanjikan. Desain karakternya menarik, begitu juga dengan karakterisasinya. Walau sesama anime tentang Idol, Lovelive memakai pendekatan yang berbeda dengan Idolm@ster. Sayangnya dari kualitas CG, menurut saya kurang stabil. Di awal episode CGnya bagus tetapi yang pas ending.......bahkan dance CGnya Gyrozetter masih lebih smooth

 
 Sebentar! Ada yang salah dengan dunia anime ini!! DIMANA PARA WOTA?!


Status: Ambil

9. Timeslip Lupin

Saya kira ini adalah kisah tentang maling budiman leluhur Lupin...
  
STANDING BY
 EXCEED CHARGE!!
ternyata ini adalah kisah KAMEN RIDER FAIZ!!
Cukup disayangkan, walau Roman memulai episode perdana dengan baik sampai menit ke 20, akan tetapi klimaks ceritanya terasa pendek dan membosankan. Transisi adegan dan penggunaan BGM juga terasa sepi.
Status: Dropped

10. Karen Children The Unlimited 

 
Suzaku, is that you?

Selain Senran Kagura dan Sasami-san, action scene di anime ini adalah yang terbaik di minggu ini. Jika Unlimited tidak terlalu banyak menyinggung tentang cerita originalnya sepertinya saya bakal mengikuti anime ini.
 
 Di belakang lelaki sukses, selalu ada loli yang menemani

Status: Lets see next episode

11. Lathifa and the boyfriends

 
Mungkin semasa SMPnya kakak berkacamata ini adalah pemuja Dark Flame Master

Well, saya tidak akan mencela fashion sense para tokohnya yang terlalu silau di mata.
Bersama dengan Mondaiji, mungkin inilah anime paling fail season ini. AMNESIA adalah contoh adaptasi yang malas. Bahkan mungkin menyebutnya sebagai anime adaptasi game juga salah. Sangat terasa bahwa episode satu ini terasa seperti tutorial saat anda memulai sebuah game. Yang paling menyebalkan adalah tokoh Orion yang sedikit2 memberi petuah dan clue ke tokoh utama. Dengan kata lain ia telah merampas hak penonton dalam berteori dan mentsukkomi. Bahkan anime paling ancurpun setidaknya punya nilai tonton just to be laughed for. Dan hal tersebut telah hilang dari anime ini.

Saya tidak heran jika ternyata dua makhluk ini masih bersaudara / satu kerabat

Status: Dropped

12.  Brother in Sword

 
Are you still thinking that Yamakan will save the anime?
I dont think so. Not if he is still need JAM Project to save this anime.
And it still not enough

Status: Dropped

13. Tamako Market 

Well,  this anime have interesting premise
this anime have interesting character
this anime have interesting character story
but sadly, I find that this anime is not special enough to be watched
 
Boleh saya tonjok muka ini? Dari tadi kalimat terkutuk itu terngiang2 di kepala saya

Status: Dropped

14. Sasami-san@ganbaranai

 
Speedwagon-kun, bisa jelaskan apa yang terjadi disini?

Sebenarnya apa yg ingin diceritakan anime ini? Usaha Sasami untuk pergi ke sekolah? Atau cuma sebatas menampilkan keabsurdan tiga bersaudara? Chocolate battle memang seru tetapi apakah itu ada artinya?
Sasami-san ganbaranai, watashi mo ganbaranai.


Status: Dropped

15. Vividred Operation


 
 Good transformation scene. But it will be better if they safe it for next episode

Cerita Mahou Shoujo dan sebangsanya memiliki pola yang sama. Sekarang yang membedakan adalah cara penyajiannya ke penonton.Selain lagu OP ( atau ED? ) yg kurang greget, saya belum menemukan alasan untuk mendropped anime ini.

Status: Let see next episode

16. Temen gw dikit harem gw banyak. So? LANJOET GAN!!

Sebagai sebuah sekuel Haganai sudah punya modal. Cerita di episode satunya pun stabil seperti season sebelumnya. Jika ada faktor yang bisa menambah keramaian, mungkin itu adalah kemunculan karakter2 baru. Sayang saya merasakan kemunduran dilihat dari segi BGM.
 Hal yg menarik di OPnya jika dicermati, daripada menonjolkan karakter KodakaxSenaxYozora, KodakaxRika lebih kelihatan mencolok. Atau cuma perasaan saya saja?
Status: Ambil

17. Kotoura-san

Saya tidak tahu kenapa saya anime ini saya masukkan ke red list di preview kemarin karena pada kenyataannya, Kotoura-san HAVE THE BEST FIRST EPISODE THIS SEASON.
seharusnya ini adalah anime komedi based of 4 panels manga
 
Yup. Ini anime komedi

Alur cerita di episode pertama sangat sempurna. Dimulai dari penceritaan kisah hidup heroine sejak lahir, lalu kita melihat kejanggalan dalam dirinya yang lama kelamaan hal itu berujung menjadi kisah yg  suram dan penuh depresi, namun setelah itu sang heroine bertemu dengan sang hero/saviour dan KROMPYANG.ogg atmosfer cerita menjadi lebih komedik dan ceria. Betul2 suatu keseimbangan antara drama dan komedi. Walau setelah ini kemungkinan cerita akan kembali ke kodratnya sebagai anime komedi, saya mengharapkan perkembangan yang serius seperti yang terjadi di Chuunibyou demo koi ga shitai.
 
Jika anda belum menonton Kotoura-san, saya SANGAT merekomendasikan agar anda menontonnya

Status: Ambil

18. Anak nakal datangnya dari dunia lain

Seperti yang saya duga, anime ini tidak ada valuenya untuk ditonton.
Penggambaran tokoh utama yang kuat dan sempurna, berotak cerdas, sok ikemen dan pasti nantinya dikelilingi banyak cewe, mungkin yang seperti ini adalah karakter yg diidam2kan otaku agar bisa bermousou ria sebagai tokoh utama.
Semakin lama saya semakin paham akan keterbatasan Light Novel. Saya tidak bilang semua LN itu jelek. Sayang ironisnya cerita semacam inilah yang menjamur untuk dijadikan adaptasi anime.
Mungkin karena tuntutan pasar?
 GILE!! GUE KUAT BANGET YAK!!

Lebih parahnya lagi, premis cerita chuuni pasaran seperti ini tidak didukung dengan penyajian cerita yang menarik. Hasilnya bisa dilihat sendiri ( jika anda mau mencoba menontonnya ). So, masih ada yang tertarik?

Status: Dropped


Tidak ada komentar:

Posting Komentar