Selasa, 23 Juni 2015

2015 Summer Anime Preview Part 2

Berhubung ada sekitar 30 judul anime yang akan direview singkat, Summer Anime Preview ini akan dibagii menjadi 3 part. Bagi yang belum membaca part pertama, bisa silahkan klik link ini. Kalau begitu melanjutkan preview kemarin, here we go~



12. Ranpo Kitan: Game of Laplace

Sebuah anime yang dibuat dalam rangka memperingati 50 tahun kematian pengarang misteri kenamaan Edogawa Ranpo.
Saya berharap pemilik pantat seksi ini adalah beneran perempuan

Masih belum jelas apakah anime ini adalah ekranisasi dari novel atau hanya sekedar terinspirasi dari karya Edogawa Ranpo. Pola semacam ini sebenarnya bukanlah yang pertama kali karena dulu sempat ada UN-GO yang terinspirasi dari karya Sakaguchi Ango. Yang perlu diingat adalah bahwa record Kishi Seiji dalam menangani karya adaptasi ( terutama dari game ) sangatlah buruk! Kemudian tambahkan juga studio Lerche, dimana kombinasi ini telah menghasilkan musibah bernama Danganronpa The Animation.

13. Durara!!x2 Ten

Second cour dari Durara 2nd season.
 His hope and optimism: Gone

Meskipun sebenarnya tidak ada yang berubah dari segi cerita, dari segi animasi bisa dibilang Durara!!x2 sangat mengecewakan. Semoga di paruh kedua ini kualitas animasi lebih ditingkatkan, walau apapun yang terjadi, rasanya hampir mustahil bagi saya untuk ngedrop anime ini.

14. Joukamachi no Dandelion

Menceritakan kisah sehari2 anggota keluarga kerajaan yang kehidupan mereka direkam oleh kamera pengawas dan disaksikan oleh seluruh penjuru negeri ( reality show? ). Para penonton nantinya berkesempatan untuk memilih siapa pewaris tahta kerajaan selanjutnya. Cerita berfokus pada Akane, anak perempuan ketiga yang memiliki kemampuan mengendalikan gravitasi ( btw saudara2nya yang lain juga memiliki kekuatan khusus ) yang pemalu dan berusaha agar tidak tertangkap kamera.

Hidup di bawah pengawasan kamera? Saya mencium plot doujin di sini

Walaupun mungkin anime ini akan menjadi anime slice of life comedy biasa, settingnya membuat saya tertarik. Mungkin tidak ada salahnya menonton satu atau dua episode.

15. Aoharu x Kikanjuu

 Seorang reverse trap terpaksa bermain survival game dan bergabung menjadi satu tim bersama seorang host dan seorang pengarang komik porno. Oh, tenang saja karena permainan ini tidak mematikan.

Tokoh utama yang seorang reverse trap membuat saya agak sedikit pemasaran. Namun karena anime ini bergenre shounen, saya tidak bisa berharap sesuatu yang serius di sini. Selain itu sudah banyak anime dengan tema survival game, contohnya Sabagebu dan C3Bu.

16.GATE

Sebuah portal menuju dunia lain terbuka tepat di tengah distrik Ginza di Tokyo. Dari dalamnya keluar tentara medieval knight dan monster2 dari dunia lain yang membunuh dan menculik orang di tengah keributan yang ada.  
Setelah keadaan berhasil dikendalikan dan penghuni dunia lain berhasil dipukul mundur, pasukan bela diri Jepang atau Japan Self Defense Force ( JSDF ) diutus ke dunia lain untuk melakukan serangan balik, mengamankan portal dan melakukan eksplorasi ke dunia yang masih asing itu. Tapi misi mereka yang sebenarnya bukan hanya itu......

Tema JSDF menjelajah dunia lain pernah disajikan beberapa season lalu dalam anime Outbreak Company. Tapi jika JSDF di Outbreak Company datang membawa MOE, maka JSDF di GATE datang membawa FREEDOM ala Amerika.
IMHO, kisah Gate sangat menarik, kelam dan penuh intrik politik dan diplomasi. TAPI justru ini yang menjadi masalah. Bukan hanya konten dewasa ( yang lebih dari dari sekedar blood, violence and gore ) saja, tetapi penggambaran JSDF yang berperang ( dan membantai ) tentara kerajaan dunia lain pastinya tidak akan membuat Korea dan China tinggal diam. Belum lagi kandungan politik bernuansa sayap kanan yang tergambar jelas dalam karya aslinya, bisa dipastikan akan dibabat habis2an dan diperlunak. Jika melihat trailer yang memperlihatkan gaya gambar yang Moe menggantikan desain asli yang lumayan real, hal itu sepertinya tidak bisa dihindari.
Biarpun begitu anime ini sangat recomended bagi military otaku yang ingin melihat persenjataan modern seperti Artilery dan Apache diadu dengan sihir dan naga ala medieval fantasy.
Jika dihandle dengan benar, maka GATE  akan jadi anime of the season. Tapi saya pesimis itu bisa terjadi.

17. Gatchman Crowd insight

Sekuel dari Gatchman Crowd.
Yuk kita ngedance

Sekuel dari Gatchman Crowd yang tidak saya tonton episode terakhirnya karena memang waktu itu studionya tidak bisa menyelesaikan episode klimaks dengan tepat waktu, sehingga versi komplit hanya keluar dalam versi BD. Alhasil semangat saya untuk menonton juga menghilang. Mungkin ini pertanda supaya saya mengurangi tontonan season ini.

18. Makura no Danshi alias Jejaka Bantal 

Sebuah anime inovatif menceritakan 12 orang pria yang secara bergiliran tiap minggunya akan menemani dan meninabobokan anda hingga terlelap . Tersedia 12 macam tipe pria dalam berbagai pilihan dan rasa, mulai dari pria Chuuni hingga pria Riajuu.


Sepertinya saya pernah mendengar drama CD dengan premis seperti ini tapi dengan karakter cewek dan walau tujuannya ( katanya ) untuk membantu kita agar terlelap, nyatanya saya malah "terbangun".
Dilihat dari formatnya, sudah jelas bahwa anime ini dikhusukan untuk kaum hawa ( dan para homo ). Voice castnya penuh dengan nama2 seiyuu pria yang sedang populer saat ini mulai dari Hanae Natsuki hingga Matsuoka Yoshitsugu. Tentunya mereka siap untuk membuat para cewek klepek-klepek.

19. Monster Musume no Iru Nichijou

Dalam harem comedy, dikerumuni dan disukai para cewek sudah biasa. Tetapi bagaimana jika yang mengejarmu adalah makhluk jadi2an sebangsa Lamia, Centaur, Harpy, Arachne dan lain-lain?
Mungkin saya sudah kena pelet karena sejak melihat gambar ini kemarin, saya tidak henti2nya menggambar Harpy

Hampir satu dekade lalu saya membaca comic strip H tentang kehidupan monster girl. Waktu itu saya merasa komik itu terlalu "ajaib" dan saya masih terlalu cepat untuk itu. Waktu berlalu, dan manga komik prototype itu ternyata telah berevolusi menjadi manga populer yang lebih safe for work dan akhirnya diangkat menjadi anime. Sekarang ( mungkin ) saya sudah siap, tapi bagaimana dengan orang-orang yang lain?

20. Gangsta

Ergastulum, sebuah kota tanpa hukum yang penuh dengan kriminalitas, polisi korup, empat keluarga mafia, dan ras manusia super "Twilight" yang diperlakukan secara rasis dan diskriminatif. Anime ini berfokus pada tiga orang yang melakukan pekerjaan seperti Yorozuya / Gintoki dkk di anime Gintama. Bedanya ketiga orang ini terdiri dari Twilight tunarungu, Gigolo bermata satu dan PSK. 

Anime yang paling saya tunggu season depan.
Seinen dengan tema mafia masih terbilang jarang diangkat menjadi anime. Sejauh ini cuma ada Black Lagoon dan Jormungand. Walaupun masih memiliki unsur science fiction, dengan karakter berusia dewasa dan jalan ceritanya yang kelam, Gangsta bisa menjadi bagian dari deretan anime tersebut. Dan jangan khawatir, meski desain karakternya khas BL, tidak ada homo sama sekali dalam kisah ini ( kecuali dalam dimensi khayalan para fujoshi )

21. Rokka no Yuusha

Saat Majin bangkit dari kegelapan, Takdir memilih enam orang pahlawan ( Yuusha ) dan memberi mereka kekuatan untuk menyelamatkan dunia. Adoretto yang menyebut dirinya pria terkuat di dunia terpilih sebagai salah satu dari Yuusha dan bertemu dengan Yuusha lain2nya. Tetapi ternyata jumlah Yuusha yang terkumpul ada tujuh! 
Apa yang terjadi? Apakah Takdir tidak lulus matematika SD? atau di antara mereka ada satu orang yang berbohong? Kono naka ni hitori imouto ga iru!
 
 Sebenernya mereka lebih terlihat seperti pemain sirkus ketimbang Yuusha

Tujuh orang Yuusha, sementara jumlah seharusnya adalah enam, yang berarti salah satunya adalah penipu atau bahkan musuh. Plot ini sebenarnya bagus jika jadi cerita misteri. Tapi ini adalah cerita fantasy dan seperti yang sudah saya sebut diatas, pengaruh euforia Game of Thrones masih terasa, saya jadi tidak terlalu sreg dengan kisah medieval fantasy, apalagi yang tokoh utamanya berkoar bahwa dia adalah pria terkuat di dunia.

22. Charlotte

Di dunia ini, sebagian kecil remaja memiliki kekuatan khusus dan Otosaka Yuu adalah salah satunya. Yuu berniat menyembunyikan kekuatannya itu. Tapi, pertemuannya dengan Tomori Nao membuat keberadaan pemilik kekuatan terungkap serta mengubah takdir mereka. Kisah masa muda para pemilik kekuatan khusus ini telah dimulai....
Meskipun dari sinopsis kita tidak bisa membaca seperti apa kisah yang akan disajikan, tapi karena ini adalah Key, kita bisa berharap akan drama yang mengharukan. Well, setidaknya dari segi kualitas animasi, PA Works tidak perlu diragukan lagi.
Mungkin anime ini bisa menjadi the next Shirobako, atau malah bisa juga jadi the next Glasslip.

23. Aquarion Logos

Seri ketiga dari Aquarion. Belum jelas apakah ini serial baru atau sekuel dari Aquarion EVOL.

Setelah para penonton merasa dikhianati karena telah DINTR ASU pada seri Aquarion EVOL, saya tidak yakin apakah yang lain masih mau mengikuti serial ini. Yang jelas saya bakal nyoba nonton karena terpancing desahan "Kimochiii~"nya Sakura Ayane. Lagipula kemungkinan ini satu2nya anime mecha season depan.

==============================================================================

Bersambung ke part 3

2 komentar:

  1. Wow, blognya hidup kembali.
    Thanks untuk review2nya, kira-kira mana yang anda paling rekomendasikan... dan sepertinya harus menunggu part3.

    will definitely check out gangsta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti biasa, yang saya ikuti saya tulis dengan warna biru
      Sebenarnya yg paling ingin direkomendasikan adalah GATE tapi karena kayaknya bakal susah dijadiin anime, saya berharap pada Gangsta dan Non Non Biyori second season

      Hapus