Kamis, 25 Juni 2015

2015 Summer Anime Preview Part 3

Bagian ketiga dari Preview Summer Anime 2015. Jika anda kelewatan, anda bisa membaca part 1 dan part 2 nya terlebih dahulu.
Boleh dibilang anime yang saya antisipasi sudah tertulis di part 2 dan di bagian terakhir ini saya cuma menaruh harapan pada anime sekuel saja.

24. Kuusen Madoushi Kouhosei no Kyoukan

Kisah dunia dimana manusia terusir dari daratan karena didesak oleh monster serangga hingga mereka terpaksa tinggal di kota yang melayang di angkasa. Untuk melawan mereka lahirlah para wizard, yaitu para perjaka usia 30 tahun pengguna sihir dan spesialis pertarungan di udara.
Jagoan kita adalah Kanata Age, sang Black Master Swordman super elit dan berasal dari tim elit pula. Namun karena suatu alasan dia dijuluki pengkhianat dan kini ditugaskan sebagai instruktur tim pecundang yang isinya cewek semua.
Cowok berpedang dikelilingi harem? IH WAW!! sungguh konsep yang FRESH!

Beberapa tahun belakangan ini ada fenomena yang di jepang sana disebut sebagai ryousankei fantajii alias anime fantasy produksi massal.
Ciri khasnya adalah anime ini diangkat dari Light Novel, jalan cerita chuuni fantasy dengan setting SMA, penuh karakter cewek ( harem ), tokoh utama tipe Gary Stu dan ( sering sekali ) diperankan oleh Matsuoka Yoshitsugu.
Karena tujuan utama dari anime ini adalah mempromosikan LNnya, bisa dipastikan anime semacam ini berkualitas medioker ke bawah. Mungkin disengaja agar penonton tidak puas dan membeli karya originalnya.
Contoh anime ini sangat banyak dan bisa mencapai 5 judul per seasonnya.
Mulai dari yang terkenal seperti SAO dan Mahouka, unintentional comedy macam Seiken Tsukai no Worlbreak, non eksistent seperti Juuon Mujin no Fafnir, hingga AIB yang keberadaannya harus dihapuskan dari Akashic Record seperti Mahou Sensou.
Anime ini adalah contoh ryousankei untuk season ini dan barangkali sudah ditakdirkan untuk menjadi anime medioker. Sekarang kita cuma berharap ini akan menjadi anime unintentional comedy karena staff yang menggarapnya adalah orang2 yang sama yang sudah mengerjakan Seiken Tsukai no Worldbreak.

25. Shimoneta to iu gainen ga sonzai shinai taikutsu na sekai / Dunia membosankan yang tidak memiliki konsep guyonan mesum

16 tahun berlalu sejak Law for Public Order and Morals in Healthy Child-Raising memberlakukan larangan dirty jokes alias guyonan mesum. Seorang remaja bernama Tanukichi Okuma berhasil masuk ke sekolah paling elit dalam penerapan public moral. Namun dengan segera dia diancam dan terpaksa bergabung dalam organisasi teroris SOX yang dibentuk oleh Ayame Kajou. Bersama mereka menentang Anna sang ketua OSIS dengan tindak terorisme yang tak senonoh.

Judul yang kelewat panjang khas Light Novel ini sendiri sudah membawa pertanda buruk.

Anime ini bukanlah anime ecchi berkedok komedi tapi jelas2 anime mesum penuh dengan dirty jokes dan behasa dan visualisasi yang menjurus. Visualisasi di sini bukanlah sekedar frontal nudity tetapi lebih kepada simbolisme yang membuat otak anda memprosesnya menjadi suatu bayangan yang pasti akan membatalkan puasa anda. Tentu saja bukan hanya visual saja. Anda bisa berharap mendengar desahan erotis dan sensual dari para seiyuunya yang ( untungnya atau sialnya ) relatif baru.
Jika saya remaja SMA setidaknya saya pasti akan mencoba nonton. Sayangnya saya terlalu tua untuk ini. Well, meskipun saya masih muda sekalipun sepertinya saya bakal melewatkannya karena saya orang yang cenderung menghindari dirty jokes karena menganggapnya tidak elegan.
Oh ya, kembali ke masalah seiyuu, anda yang mencoba menonton mungkin bisa berharap banyak pada Ogura Yui.

26. Symphogear GX

3rd season dari anime Symphogear.

Untungnya setting Symphogear dengan dunia penuh alien yang tidak ada habis2nya untuk menyerang, selalu memiliki kemungkinan untuk dibikin sekuel. Dan season ini adalah saat yang tepat untuk kembali franchise milking melanjutkan Symphogear dengan upgrade kostum yang sepertinya tidak ada bedanya, juga musuh baru yang menurut saya desainnya kurang berkesan. Tentu saja jalan cerita yang disajikan juga baru. Namun itu tidak jadi soal. Menonton Symphogear demi plot adalah hal yang salah. Anda menonton Symphogear demi lagu dan parade jurus2 nan lebay.
 Atau demi om-om yang satu ini.

27. Working!!!

3rd season dari anime Working. Anime yang menceritakan kehidupan dan dunia kerja para pegawai restoran keluarga bernama Wagnaria.

Working adalah anime komedi yang ringan untuk ditonton siapa saja. Bahkan meskipun serial ini cukup panjang hingga sampai dibikin season tiganya.
Berhubung manganya sudah tamat, kemungkinan ini adalah seri terakhir yang saya harapkan memberi konklusi untuk hubungan asmara para tokoh2 di dalamnya.

28. Himouto Umaru-chan

Di sekolah dan lingkungan luar, Doma Umaru adalah seorang gadis 16 tahun yang lemah lembut, berbakat, dan populer di antara teman2 sekelasnya. Tapi begitu sampai di rumah, dia berubah menjadi.................
TUYUL?!

Sebenarnya saya tidak pernah membaca manganya tapi yang membuat saya tertarik adalah jajaran staffnya yang pernah menggarap Love Lab. Selain itu studio Dogakobo tidak pernah mengecewakan dari segi animasi.

29. Ushio to Tora

Ushio tidak pernah percaya cerita sang ayah tentang leluhur mereka yang menyegel Siluman di latar batu kuil mereka. Tapi kemudian dia menemukan sang siluman benar2 ada di ruang bawah tanah mereka. Demi menyelamatkan keluarga dan teman2nya dari serangan arwah jahat, Ushio memutuskan untuk mencabut tombak yang menyegel siluman itu. Benarkah itu keputusan yang tepat? mengingat sang siluman akan selalu mencari kesempatan untuk memangsanya?


Manga Ushio to Tora sangat populer sewaktu saya kecil. Tapi saya harus mengaku: Saya tidak pernah membacanya sekalipun. Sejujurnya saya bingung untuk mengikuti anime klasik. Walaupun saya menonton Jojo sampai tamat, saya mendrop Kyoukai no Rinne meskipun serial itu sebenarnya bagus.

30. Wakako-Zake

Saat seseorang memuaskan rasa lapar demi kebahagiaannya, maka dengan segera ia menjadi acuh dan berbuat sesuka hati tanpa peduli akan waktu dan orang lain. Kemudian sendirian ia bersantap ria tanpa diganggu siapapun, tanpa merasa sungkan. Itulah cara terbaik dalam menghibur diri, suatu hak yang diberikan secara adil dan merata bagi manusia modern.
Anime ini menceritakan tentang Wakako, seorang wanita muda yang berkelana mengunjungi berbagai sake bar demi mencari tempat yang cocok dengan dirinya.
 Wakako dan Goro. Satu visi, beda dimensi.

Sepertinya kisah Wakako akan berfokus kepada Sake walau saya berharap anime ini juga akan memberi fokus kepada sisi kulinernya. Dengan begitu Wakako bisa berkolaborasi dengan Goro.

31. Bikini Warriors

Ini adalah kisah tipikal RPG. Berpetualang, mengumpulkan party, menyelesaikan Quest, menjelajah dungeon dan mengalahkan raja setan. Hanya saja semua dilakukan dengan mengenakan bikini.
Absolutely Haram ( di bulan puasa tentunya )

Mungkin di postingan sebelumnya sudah saya sebutkan bagaimana saya masih terkena euphoria game of thrones hingga minat saya terhadap anime fantasy medieval menjadi turun drastis. Tapi ini....ini adalah Blastphemy!
Saya jadi ingin mengutuk Hobby Japan yang menggagas konsep ini. Kenapa harus Bikini? Kenapa tidak membuat warrior biasa saja? Yang full armor? bukannya itu malah keren dan elegan? Kenapa segala sesuatu harus ditambahi moe dan ecchi?

32. Overlord

Mendekati detik2 penutupan game online populer yang bernama Yggdrasil, Momonga memutuskan untuk tidak log out. Dunia Yggdrasil kemudian berubah dan para NPCnya mulai memiliki emosi. Di dunia nyata Momonga tidak memiliki keluarga, teman ataupun tempat dalam masyarakat. Namun di Yggdrasil dia adalah penyihir terkuat dan ambisinya sekarang adalah menguasai dunia itu!
Inilah tokoh utama paling ganteng season ini

Anime berdasar game online mungkin sudah banyak tapi sepertinya ini kali pertama tokoh utamanya berada di pihak yang jahat. Tema menjadi penjahat ini sangat populer di dunia webnovel jepang ( yang kebanyakan dari novel itu lebih tepat disebut sebagai catatan hawa nafsu dengan rating R18 tentunya ). Akan tetapi apakah tema ini juga berlaku di dunia nyata? Kita lihat saja!

33. Prison School

Hachimitsu Private Academy tadinya adalah sekolah khusus perempuan penuh bakat dan prestasi.  Tapi mulai tahun ajaran baru, mereka membuka pendaftaran untuk kaum lelaki. Cuma ada 5 orang yang berhasil masuk. Sayangnya mereka tidak tahu bahwa takdir mengejutkan sudah menunggu, dimana mereka cuma memiliki dua pilihan: DADA atau PANTAT.
Bagi saya, Gangsta dan ( seharusnya ) GATE menduduki peringkat teratas dalam konten dewasa yang berkaitan dengan tema dan setting dunia. Namun jika melihat dari segi keabnormalan dan kemesuman, anime ini berada di level yang JAUH berbeda.
Bisa dipastikan sensor akan bertebaran di sana sini dan saya cuma bisa berharap itu tidak akan mengurangi kekonyolan animenya.
Jangan lupa bahwa anime ini disutradarai oleh Mizushima Tsutomu yang sukses lewat Girls und Panzer dan Shirobako, juga ahli dalam membuat anime komedi seperti Blood C dan Another :v 
Jika anda suka cambukan, mungkin anda akan suka anime ini

34. Sore ga Seiyuu!

Sebuah anime tentang kisah para seiyuu dan suka duka mereka dalam kehidupan sehari2 dan di dapur rekaman yang dilihat dari kacamata 3 seiyuu pemula Futaba Ichinose, Ichigo Moesaki, dan Rin Kohana.
Key visul ini diambil dari cover manganya yang digambar oleh mangaka Hayate no Gotoku, sedangkan untuk key visual anime dikerjakan oleh artistnya Saki Achiga-hen anime

Kisah di balik layar anime sebenarnya sudah cukup dijelaskan dalam Shirobako. Tapi jika Shirobako memakai pendekatan realistis, Sore ga Seiyuu akan memakai pendekatan comedy. Sayangnya sesuai animenya, seiyuu utama dalam anime ini relatif baru. Sekarang tinggal berharap akting mereka natural dan bisa dinikmati.

35. Akagami no Shirayuki-hime

Shirayuki adalah seorang gadis berambut merah yang kabur dari negerinya karena hendak dijadikan selir. Ia kemudian bertemu dengan Zen, pangeran dari kerajaan seberang dan memulai jalannya sebagai ahli farmasi kerajaan.

Genre Shoujo Fantasy adalah suatu selingan yang menyenangkan dan tidak jarang menyimpan potensi tersembunyi seperti Soredemo sekai wa utsukushii dan Akatsuki no Yona. Suatu nilai plus  jika seiyuunya papan atas. Dan musim ini kita mendapat Hayami Saori sebagai pemeran utama. Layak dicoba dengan 3 episode rule.

=======================Penutup=======================

Musim panas tahun ini adalah musim yang penuh dengan tontonan. Walau itu sama seperti season2 sebelumnya. Yang agak berbeda dengan preview2 sebelumnya adalah marking warna yang boleh dibilang hampir tidak ada artinya. Berdasarkan pengalaman season2 sebelumnya, bisa saja saya menonton anime yang tadinya saya dropped dan bahkan anime yang dulunya saya kira akan ditonton sampai akhir, bisa saja saya drop satu episode menjelang terakhir. Selain itu untuk season ini, anime dengan kode warna kuning hampir tidak ada bedanya dengan kode merah yang bisa didropped sewaktu2. Akhir2 ini saya sudah tidak menerapkan 3 episode rules lagi. Mungkin ini pertanda bahwa saya sudah terlalu tua dan hampir waktunya pensiun.
Pada akhirnya berapa anime yang bisa saya tonton sampai akhir di musim depan? Tunggu saja jawabannya di Summer Anime Review 2015 tiga bulan mendatang. See ya!

PS: Baca juga 2015 Summer Anime Preview part 1 dan part 2

1 komentar:

  1. wah ditunggu preview musim depannya masbro, btw saya juga berharap penuh sama sekuel tapi pendatang seri baru agak bagus juga

    BalasHapus